Skip navigation

Teknologi seperti halnya pisau bermata dua. Di satu sisi memberikan manfaat, namun disisi lain akan memberikan mudharat jika salah penggunaannya. Kemajuan teknologi dengan arus informasi yang tidak terkendali, dapat memberikan efek buruk, namun juga manfaat luar biasa jika dioptimalkan. Kemajuan teknologi saat ini telah memberikan banyak pilihan kepada kita untuk melakukan banyak hal dalam waktu yang singkat. Proses pengiriman surat misalnya, dulunya butuh waktu berhari-hari. Dengan adanya email atau sms, pesan bisa disampaikan bersamaan dengan waktu pengirimannya ke berbagai penjuru dunia.

Teknologi juga memungkinkan kita terkoneksi dengan banyak orang di belahan dunia lain sebagaimana dijelaskan Friedman (2007) dalam buku ‘The World is Flat‘. Dengan koneksi semacam itu, kita dapat memanfaatkaan teknologi informasi untuk membangun jejaring social dan juga bisnis. Entah itu dengan menggunakan fasilitas Yahoo Messenger, facebook, blog dan lainnya.

Dengan memanfaatkan teknologi, seorang ibu bisa mencari tambahan penghasilan dengan tidak meninggalkan peran domestiknya. Salah satu contoh sederhana dengan berbisnis melalui blog. Dengan penjadi penyedia berbagai informasi di internet, saat ini blogger pun mulai banyak dilirik sebagai profesi. Ibu rumah tangga dapat mengisi blognya dengan berbagai pengetahuan yang dimiliki baik dalam mengurus rumah tangga ataupun keterampilan lain seperti membuat kue, menyulam, dan lainnya. Lebih jauh, dengan adanya koneksi internet tugas kesekretariatan dapat dikerjakan di rumah.

Dampak Lingkungan dan Dukungan Infrastruktur

Pilihan bekerja dari rumah tidak hanya memberikan waktu yang lebih banyak untuk anak namun juga berkontribusi pada kelestarian lingkungan. Bayangkan berapa banyak bahan bakar yang dihemat jika bisa bekerja di rumah, mengurangi kemacetan di jalan dan juga polusi. Ini artinya dengan ibu bekerja dari rumah pun turut mendukung kepedulian terhadap upaya kelestarian lingkungan.

Namun, hal ini tentunya membutuhkan konsekuensi-konsekuensi tertentu. Salah satunya adalah keterjangkauan fasilitas internet di masayarakat. Saat ini, memang belum semua lapisan masyarakat dapat mengakses internet dengan mudah dan murah. Sehingga untuk mewujudkan semuanya, maka infrastruktur, khususnya penyedian internet pun harus dibangun.

Dalam hal penyediaan internet, apa yang dilakukan oleh Onno W.Purbo dan Michael Sunggiardi dengan mempelopori pengembangan RT-RW net mungkin bisa mempercepat akses masyarakat terhadap internet. Semakin cepat dukungan infrastruktur ini tersedia, maka semakin besar peluang seorang ibu untuk memulai beraktifitas dari rumah. Dengan ketersediaan teknologi, seorang ibu dapat berkarir tanpa harus meninggalkan peran utamanya mendidik anak-anak, generasi penerus bangsa menjadi generasa masa depan yang berkualitas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: