Skip navigation

Nasionalisme adalah salah satu paham yang menciptakan dan mempertahankan kedaulatan sebuah negara ( dalam bahasa inggris “nation” ) dengan mewujudkan satu konsep identitas bersama untuk sekelompok manusia .

Para nasionalis menganggap negara adalah berdasarkan beberapa ” kebenaran politik “. Bersumber dari teori romantisme yaitu “identitas budaya” , debat liberalisme yang menganggap kebenaran politik adalah bersumber dari kehendak rakyat , atau gabungan kedua teori itu .

Ikatan nasionalisme tumbuh di tengah masyarakat saat pola pikirnya mulai merosot. Ikatan ini terjadi saat manusia mulai hidup bersama dalam suatu wilayah tertentu dan tak beranjak dari situ. Saat itu , naluri mempertahankan diri sangat berperan dan mendorong mereka untuk mempertahankan negerinya , tempatnya hidup dan menggantungkan diri . Dari sinilah cikal bakal tubuhnya ikatan ini ,yang notabene lemah dan bermutu rendah .Namun , bila suasananya aman dari serangan musuh dan musuh itu terusir dari negeri itu, sirnalah kekuatan ini .

Beberapa bentuk dari nasionalisme :

Nasionalisme dapat menonjolkan dirinya sebagai paham negara atau gerakan yang populer berdasarkan pendapat warganegara ,etnis , budaya , keagamaan dan ideologi .

  • Nasionalisme kewarganegaraan (atau nasionalisme sipil) adalah sejenis nasionalisme dimana negara memperoleh kebenaran politik dari penyertaan aktif rakyatnya, ” kehendak rakyat”, “perwakilan politik”.
  • Nasionalisme etnis adalah sejenis nasionalisme dimana negara memperoleh kebenaran politik dari budaya asal atau etnis sebuah masyarakat.
  • Nasionalisme romantik ( juga disebut nasionalisme organik , nasionalisme identitas ) adalah lanjutan dari nasionalisme etnis dimana negara memperoleh kebenaran politik secara semulajadi ( organik) hasil dari bangsa atau ras menurut semangat romantisme .
  • Nasionalisme budaya adalah sejenis nasionalisme dimena negara memperoleh kebenaran politik dari budaya bersama dan bukannya “sifat keturunan” seperti warna kulit, ras, dan sebagainya .
  • Nasionalisme kenegaraan ialah variasi nasionalisme kewarganegaraan , selalu digabungkan dengan nasionalisme etnis .
  • Nasionalisme agama ialah sejenis nasionalisme dimana negara memperoleh legitimasi politik dari persamaan agama .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: